Pengertian Epistemologi dan Terjadinya Pengetahuan



PENGERTIAN EPISTEMOLOGI

Istilah Epistemologi berasal dari bahasa Yunani yang berarti teori tentang pengetahuan yang mengkaji mengenai pengetahuan itu sendiri, diantaranya asal, batas, struktur, sifat, karakter dan keabsahan pengetahuan serta kaitannya dengan kebenaran hakiki.

Epistemologi secara etimologi dapat diartiakan teori pengetahuan yang benar, dan lazimnya hanya disebut teori pengetahuan yang dalam bahasa Inggrisnya menjadi theory of knowledge.

Jadi, pengertian epistemologi adalah suatu cabang filsafat yang mengkaji tentang usaha dan upaya untuk mencari tahu suatu kebenaran secara hakiki.


TERJADINYA PENGETAHUAN

Terjadinya pengetahuan menjadi masalah yang penting dalam epistemologi, sebab terjadinya pengetahuan membuat sesorang memiliki  pandangan  atau paham filsafatnya berwarna. Jawaban yang sederhana tentang terjadinya pengetahuan ini apakah bersifat apriori atau aposteriori. Pengetahuan yang bersifat apriori adalah pengetahuan yang terjadi tanpa adanya atau melalui pengalaman, baik pengalaman indra maupun pengalaman batin. Pengetahuan yang bersifat aposteriori adalah pengetahuan yang terjadi karena adanya pengalaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP DAN KODE ETIK DALAM BISNIS